BeritaDaerah

Warga Binaan Lapas Pemuda Tangerang Mendapatkan Remisi Waisak 2019

Oleh: Hardi

Pembinaan mental dan karakter bagi para WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang dilakukan oleh PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang setiap hari Sabtu di Vihara Kusala Cetana membuahkan kabar baik berupa penyerahan Remisi Khusus (RK) pada Waisak tahun ini. Pembinaan yang mulai dilakukan pada tahun 2011 lalu diinisiasi oleh Hendra (Acong) yang merupakan Dewan Penasihat PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang, yang kemudian pembinaan tersebut dilanjutkan oleh para Ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang dari generasi ke generasi hingga saat ini.

 

Pasang Iklan
Dewan Penasihat PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang sdr. Hendra (Acong) sedang memberikan kata sambutan didepan para warga binaan pemasyarakat

Ada yang berbeda pada Hari Tri Suci Waisak 2563 BE/2019 kali ini. Para WBP yang setiap minggu selalu mengikuti kegiatan pembinaan mulai merasakan manfaatnya berupa remisi (masa pengurangan tahanan). Penyerahan SK Remisi ini dihadiri oleh Kepala Sub Seksi Registrasi Syamsul Hidayat A.R yang mewakili Kepala Lapas Pemuda Tangerang, Dewan Penasihat PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang Hendra (Acong), Ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang Hardi, dan beberapa staff dari Lapas Pemuda Tangerang. Acara ini berlangsung hikmat di ruang Dhammasala Vihara Kusala Cetana, Lapas Pemuda Tangerang pada Minggu siang (19/5/2019).

Sebanyak 33 WBP yang beragama Buddha mendapat Remisi Khusus Waisak. Remisi ini dibagi menjadi 2 jenis,  yaitu Remisi Khusus I berupa pengurangan masa tahanan mulai dari 1 bulan hingga 1 bulan 15 hari, dan Remisi Khusus II dimana WBP bisa langsung bebas. Tercatat ada 1 WBP beragama Buddha yang mendapatkan Remisi Khusus II.

Dalam sambutannya, Syamsul mengatakan bahwa remisi merupakan hak para WBP yang memenuhi syarat substantif dan administratif. Para WBP pasti akan mendapatkannya tanpa pungli atau embel-embel lainnya. Ia juga mewakili Kepala Lapas mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2563 BE/2019 kepada  seluruh WBP yang beragama Buddha.

“Semoga perayaan Waisak bisa menjadi momentum untuk menjadi lebih baik lagi, serta dapat terus meningkatkan kerukunan antar umat beragama,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hendra (Acong) memberikan apresiasi atas acara penyerahan SK Remisi Khusus Waisak kepada para WBP. Menurutnya, hal ini merupakan wujud dari toleransi antar umat beragama yang telah berjalan di Lapas Pemuda Tangerang.

“Selama 8 tahun ikut membantu pengurus Vihara Kusala Cetana, Lapas Pemuda Tangerang, baru kali ini diselenggarakan acara penyerahan Remisi. Ini merupakan wujud penghargaan bagi kami, dan para WBP khususnya yang notabene minoritas,” ungkapnya.

Hardi selaku Ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang merasa senang dan bersyukur atas penyerahan SK Remisi ini. Ia pun berharap agar para WBP semakin rajin ke vihara dan berbuat kebajikan dimanapun berada.

“Saya bersyukur kebajikan yang kita lakukan selama ini mulai terlihat, tidaklah ada sesuatu yang percuma saat kita berbuat baik, selama kita tetap merawat dan menjalankan kebaikan disetiap harinya, perubahan didalam diri dan lingkungan sekitar akan selalu terjadi,” tutupnya.

Komentar via Facebook

Close