BeritaDaerah

SMB Vihara Sad Saddha Tangerang Ikut Rayakan Asadha Puja

Oleh: Rendy Arifin

Sekolah Minggu Buddha (SMB) Vihara Sad Saddha Tangerang menggelar Perayaan Asadha Puja 2563 BE/2019 pada Minggu pagi (11/08/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Bhikkhu Atthaseno dan diikuti oleh ratusan siswa SMB. Dimulai sekitar pukul 08.30 WIB, perayaan ini diawali dengan Pindapata yang dilakukan oleh Bhikkhu Atthaseno. Para siswa SMB sangat antusias berdana berbagai makanan dan minuman kepada bhante.

Antusiasme siswa SMB Vihara Sad Saddha pada saat Pindapata berlangsung | Foto: Riki Darmawan

Didalam ceramahnya, bhante menjelaskan tentang empat hari besar agama Buddha, yang salah satunya adalah Asadha. Asadha sendiri pada tahun ini sebenarnya jatuh pada tanggal 16 Juli 2019 dan umumnya umat Buddha merayakan dalam kurun waktu satu bulan.

Pasang Iklan

“Dua bulan setelah penerangan sempurna, Buddha Gotama membabarkan Dhamma untuk pertama kalinya kepada lima orang petapa (Kondañña, Bhadhiya, Vappa, Mahānāma, dan Assaji) di Taman Rusa Isipatana, Benares. Khotbah pertama ini dikenal dengan nama Dhammacakkapavatana Sutta. Setelah mendengarkan khotbah tersebut, kelima petapa ini memohon ditahbiskan menjadi bhikkhu kepada Buddha Gotama dan terbentuklah Sangha untuk pertama kalinya sehingga Tiratana (tiga permata) menjadi lengkap, yaitu Buddharatana, Dhammaratana, dan Sangharatana“, papar bhante.

Bhikkhu Atthaseno sedang melakukan blessing | Foto: Riki Darmawan

Setelah perayaan berakhir, pengurus dan umat Vihara Sad Saddha tidak menyia-nyiakan kesempatan berbuat baik untuk berdana makan siang kepada Bhikkhu Atthaseno.

Suasana dana makan siang kepada Bhikkhu Atthaseno | Foto: Riki Darmawan
Komentar via Facebook

Tags
Close