BeritaDaerah

Raut Kebinekaan dalam Semangat Pembagian Takjil

Oleh: Hardi

Menyambut Puasa Ramadan 2019 (1440 H) Komunitas Dialog Kebangsaan yang terdiri dari PAC GP Ansor Tangerang (Islam), PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang (Buddha), Pemuda Katolik Tangerang, MUSPIJA Banten (Kristen), Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Tangerang, Kongcu Bio Tangerang (Konghucu) membagikan hidangan berbuka puasa atau ta’jil kepada pengendara yang melintas di perempatan Tugu Adipura, Kota Tangerang pada Jumat sore (24/05/2019).

Pada kegiatan ini para tokoh pemuka agama terjun langsung untuk membagikan 1.025 takjil yang telah dihimpun oleh Komunitas Dialog Kebangsaan. Adapun perwakilan para pemuka agama yang hadir, yaitu Jajat Sudrajat (Islam), Bhikkhu Bodhinanda (Buddha), I Ketut Sudana (Hindu), Romo Clemens Tribawa Saksana, OSC (Katolik), Pendeta Doni Susanto (Kristen), WS. Rudy Gunawijaya (Konghucu). Selama kegiatan berlangsung, para aktivis muda lintas iman beserta para tokoh agama saling berkolaborasi untuk mencitrakan kebinekaan yang telah ada selama ini.

Pasang Iklan

“Aksi kali ini adalah bentuk toleransi yang digambarkan secara langsung pada masyarakat”, ujar Hardi Ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang.  

I Ketut Sudana selaku Ketua PHDI Kota Tangerang juga turut mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk saling membantu dan saling menghormati, sebagai perwujudan  nyata bertoleransi antar umat beragama.  

Kemasan ta’jil pun dikemas menarik dan berbeda. Selain mengurangi penggunaan plastik untuk mendukung ekosistem, juga disematkan kata bijak dari salah KH. Abdurahman Wahid, yaitu “Tidak penting apapun agama atau sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.

“Berbagi seribu ta’jil yang kita selenggarakan bersama ini bukan hanya sekedar event saja, namun sudah menjadi tradisi dan kebiasaan kami dalam rangka menggaungkan toleransi, kebersamaan dan kebangsaan di tengah masyarakat. Karena itu kita harus terus memupuk persaudaraan dan persatuan di tengah masyarakat dari generasi ke generasi”, pungkas Pendeta Doni Susanto selaku Ketua DPA GBI Banten.  

Kegiatan ini juga disambut baik oleh Ketua PAC GP Ansor Tangerang Jajat Sudrajat. Ia menyampaikan bahwa setiap anak bangsa berkewajiban merawat kebhinekaan negeri ini agar kita semua dapat hidup berdampingan dengan damai.  

“Kegiatan seperti ini adalah tindakan nyata dalam upaya merajut benang kebinekaan oleh temanteman lintas agama, sehingga simpul kerukunan dan persatuan di Kota Tangerang semakin kuat”, sambung Tommy Wicaksono, Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Tangerang.  

“Inilah suasana kerukunan yang sesungguhnya, di mana 6 tokoh agama didampingi para pemuda lintas iman bersama-sama membagikan ta’jil dengan suka cita tanpa jarak sama sekali”,  ungkap WS. Rudy Gunawijaya, tokoh Konghucu Banten.

Kegiatan ini diikuti lebih kurang 100 peserta yang turut hadir membantu, di mana rombongan Banser NU juga turut melancarkan kegiatan ini. Para tokoh agama dan pemuda lintas iman saling berbagi serta menghampiri seluruh pengendara yang ada di lokasi.

Komentar via Facebook

Close

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
style="display:block"
data-ad-format="fluid"
data-ad-layout-key="-ib+c-1l-47+dr"
data-ad-client="ca-pub-3950220369927210"
data-ad-slot="4948202095"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>