Artikel

Pengusaha Buddhis Medan Kenalkan E-Learning Pakar Otomotif

Oleh: Majalah HIKMAHBUDHI

Kondisi buruk yang saat ini menyerang seluruh dunia membuat beberapa permasalahan dalam dunia pendidikan, karena cara belajar tatap muka konvensional yang sudah menjadi kebiasaan belajar tidak bisa dilakukan. Apalagi masalah yang lebih kompleks adalah ketika pembelajaran yang berbasis praktek lapangan seperti dunia otomotif, maka gagasan e-learning dalam dunia pembelajaran otomotif sangat diperlukan dalam kondisi seperti ini.

Masalah seperti ruang kelas yang terbatas, waktu monitoring yang terbatas dari guru ke murid, serta pembelajaran yang terikat oleh waktu, dan perlengkapan pemeriksaan mesin harus diatasi. Hal Inilah yang kemudian dilakukan oleh Hasustan Kosim, SH.,M.Pd. atau disapa Abok sebagai founder dan Kurniady sebagai Bussines Development yang merupakan pengurus Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia (SIDDHI) yang berdomisili di Medan, memperkenalkan platform e-learning otomotif Pakar Otomotif.

Pasang Iklan

Pakar Otomotif adalah platform e-learning Otomotif yang menyasar para teknisi otomotif yang dirumahkan maupun para pencari kerja di tengah pandemi COVID-19. Pelatihan berbasis e-learning ini dipercepat eksekusinya sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan yang saat ini mengalami kesulitan dalam proses pengajaran tatap muka khususnya vokasi bidang otomotif.E-Learning membuat proses pembelajaran dapat diakses dimana saja dan kapan pun.

E-Learning yang awalnya mencakup otomotif ini akan dikembangkan di berbagai bidang pendidikan untuk ikut mewadahi pelatihan pra kerja yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. Dengan kata lain, pelatihan e-learning otomotif ini menerima peserta dari program Kartu Pra Kerja. Pembelajaran e-learning ini diprediksi akan menyerap ratusan guru dan puluhan ribu siswa dari seluruh Indonesia.

Hasustan Kosim selaku founder dari e-Learning Pakar Otomotif ini mengajak seluruh insan Buddhis untuk turut berkontribusi dalam New Normal yang sudah terjadi sehubungan dengan pandemiCorona ini. “Yuk daripada menyalahi situasi, mari kita pikirkan apa yang dapat kita kontribusikan dalam situasi sulit yang ada” tutupnya.

“Kami gunakan Electude yang merupakan modul E-Learning yang memberi siswa kesempatan belajar otomotif dengan cara yang unik tanpa tatap muka, real time, dilengkapi animasi interaktif (Grafis 3D), dan ringkas. Electude merupakan solusi pembelajaran otomotif terkemuka di dunia” diterangkan oleh Kurniady selaku business development metode ini yang dinaungi PT. Edukasi Kreasi Solusi.

Electude sudah memiliki pelanggan di lebih dari 55 negara dimana terdapat lebih dari 300.000 pengguna, 30.000 instruktur dan guru, 1000 pelajaran dan kuis, serta sudah tersedia dalam 35 bahasa. E-Learning ini menggunakan Simulator Manajemen Mesin sebagai penunjang pembelajaran dan memiliki Kurikulum Optional Electric Drive.

Menariknya, para guru bisa memantau progress pembelajaran murid melalui dashboard analytics secara real time.

Program pelatihan otomotif yang ditawarkan oleh Pakar Otomotif yaitu sebagai berikut.

  1. Engine Maintenance Diesel
  2. Alat Ukur Pneumatic
  3. Mekanik Spooring
  4. Osciloscop
  5. Alat Ukur Electric
  6. System Pengapian Electronic
  7. Mekanik AC
  8. Brake Maintenance
  9. Lubricating System
  10. Alat Ukur Mekanik
  11. EFI System
  12. Emisi Gas Buang
  13. ETU/Engine Maintenance Bensin
  14. Mekanik Balancing
  15. Dinamo Charga & Starter

“Harapan Pakar Otomotif ke depannya adalah semoga dunia pendidikan ikut berkembang sesuai tuntutan, terutama di masa pandemi seperti ini dimana proses mengajar dan belajar mengalami kendala di proses tatap muka.” Jelas Kurniady kembali.

Bagi yang ingin mengikuti pelatihan ini, bisa menghubungi Hasustan Kosim, SH.,M.Pd. (Abok) di nomor 0812-6002-210 atau mengunjungi website pakarotomotif.co.id.

Komentar via Facebook

Tags
Close