BeritaDaerah

PC HIKMAHBUDHI Semarang Mengikuti Kegiatan Kemah Bakti Nusantara di Kota Semarang

Oleh: Candra Tri Ananda

PC GP Ansor Kota Semarang bersama dengan Kesbangpol Kota Semarang telah sukses melaksanakan kegiatan “Kemah Bakti Nusantara” yang diikuti oleh 50 pemuda dari berbagai elemen lintas agama di Kota Semarang, diantaranya PMII, KMHDI, HIKMAHBUDHI, Pelita,  dan GMKI.  Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 8-9 September 2018 di Hutan Wisata Tinjomoyo,  Semarang. Tujuan kegiatan ini,  yaitu menciptakan rasa toleransi, pluralisme, dan menyatukan kebersamaan dalam perbedaan yang ada di Kota Semarang.

Perwakilan PC HIKMAHBUDHI Semarang

Pasang Iklan

Pada kesempatan kali ini, PC HIKMAHBUDHI Semarang mendapatkan undangan untuk mengirimkan 2 perwakilannya mengikuti kegiatan Kemah Bakti Nusantara. Candra Tri Ananda sebagai Ketua Cabang dan Siddhi Prayogo sebagai Anggota merupakan delegasi yang dikirimkan oleh PC HIKMAHBUDHI Semarang yang juga merupakan perwakilan dari agama Buddha.

“Semoga kegiatan ini dapat diadakan secara terus menerus sehingga dapat menumbuhkan rasa toleransi dan menyatukan perbedaan antar pemuda lintas agama di Kota Semarang”, ungkap Siddhi.

Menjaga Kebinekaan

Pada sesi materi pertama dalam kegiatan ini diisi oleh Romo Aloysius Budi Purnomo dari Keuskupan Agung Semarang. Ia menyampaikan beberapa contoh nyata yang telah dilakukan dalam hal menciptakan toleransi antar umat beragama di Kota Semarang, tidak hanya sebuah wacana untuk menciptakan toleransi semata.

Romo Aloysius Budi Purnomo (kiri) sedang menyampaikan materi kepada para peserta Kemah Bakti Nusantara

Brigjen TNI Nugroho Budi pemateri kedua dalam kegiatan ini,  menyampaikan materi mengenai kebangsaan.

“Indonesia merupakan rumah kita bersama, sebagai pemuda lintas agama di Kota Semarang diharapkan dapat menjaga rumah kita ini supaya tidak dirusak oleh orang yang mempunyai kepentingan pribadi.  Pancasila merupakan landasan kita untuk menjaga toleransi dan merawat kebersamaan ini untuk tetap utuh, khususnya di Kota Semarang”, paparnya.

Brigjen TNI Nugroho Budi (kiri) sedang menyampaikan materi kepada para peserta Kemah Bakti Nusantara

Sedangkan Ahmad Ismail (Penasihat GP Ansor Semarang) menyampaikan materi mengenai permasalahan yang ada di Indonesia mengenai toleransi.

“Sebagai warga mayoritas dan minoritas kita wajib saling menghormati, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.  Seperti halnya kita harus bisa melebur dengan keadaan di sekitar kita. Sebagai minoritas dapat mampu menyesuaikan dan menghormati apa yang ada di lingkungan ini dan juga sebaliknya sebagaj mayoritas tidak serta merta mengintimidasi pihak minoritas dengan mencari-cari kesalahan”, paparnya.

Ahmad Ismail (kiri) sedang menyampaikan materi kepada para peserta Kemah Bakti Nusantara

Dengan diadakannya kegiatan ini diharpakan dapat menularkan virus-virus toleransi kepada semua elemen masyarakat di Kota Semarang.

“Aku,  Kamu,  Kita adalah Indonesia”

 

Komentar via Facebook

Close