BeritaDaerah

PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang Salurkan Bantuan APD Berupa Face Shield

Oleh: Kiki

Kian hari makin banyak saja masyarakat Indonesia yang terkena wabah Virus Covid-19. Banyak dari mereka yang berujung pada kematian karena tidak sanggup melawan virus yang hampir menyebar ke semua negara di dunia ini. Dampak yang ditimbulkan dari wabah ini juga sangat beragam, mulai dari dampak ekonomi sampai dengan dampak sosial pun mulai dirasakan oleh masyarakat.

Wabah virus corona atau yang sekarang di sebut dengan Covid-19 merupakan singkatan dari Corona Virus Disease 2019 atau penyakit korona virus 2019. CO singkatan dari korona, VI singkatan dari Virus, D memiliki arti disease atau penyakit. Sementara, 19 mewakili tahun di mana virus ditemukan pertama kali yakni 2019. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Kasus orang terinfeksi virus corona jenis baru pertama kali terjadi di Wuhan, China pada pertengahan Desember 2019 lalu. Seiring waktu, virus yang sempat disebut n-Cov19 ini menginfeksi semakin banyak orang tidak hanya di China, tapi juga di sejumlah negara salah satunya adalah Indonesia.

Pasang Iklan

Pada 11 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan wabah Covid-19 sebagai pandemi. Pandemi merupakan wabah penyakit yang terjadi pada geografis yang luas atau menyebar secara global. Sejumlah daerah di Indonesia juga telah menetapkan penyebaran virus corona (Covid-19) sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Daerah yang sudah menetapkan status KLB antara lain Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Per 1 April 2020 wabah virus corona di Indonesia sudah mencapai 1.677 Kasus, 157 orang meninggal, dan  103 orang sembuh. Jumlah ini mungkin akan terus bertamah jika masyarakat masih menyepelekan anjuran pemerintah untuk tetap di rumah. Banyak dampak yang timbul akibat adanya wabah Virus Covid-19 ini, salah satu yang terjadi adalah makin langkanya ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk untuk dokter dan perawat di rumah sakit karena jumlah permintaan yang kian meningkat setiap harinya,

Menyikapi hal ini Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (PC HIKMAHBUDHI) Kota Tangerang melakukan kerja sama dengan organisai Faceshield For Covid Tangerang mengirimkan bantuan kepada rumah sakit, klinik, dan puskesmas yang membutuhkan bantuan APD berupa face shield. APD tersebut merupakan salah satu garda terdepan untuk menanggulangi wabah virus ini. Beberapa rumah sakit yang sudah menerima bantuan penyaluran face shield ini diantaranya adalah RSUD Kabupaten Tangerang, RSUD Kota Tangerang, Puskesmas Sangiang, Klinik Darma Nusantara Jaya, dan RSUD Banten Pusat.

Untuk pengiriman dikirimkan langsung ke rumah sakit atau klinik yang bersangkutan menggunakan lalamove.id yang memberikan layanan pengiriman gratis untuk membantu program penyaluran face shield ke rumah sakit sekitar wilayah Kota Tangerang ini.

“Asal usul face shield ini dari dr. Grace yang sangat penasaran terhadap APD ini. Banyak rumah sakit yang tidak kebagian maka terbentuklah ide untuk membentuk organisasi ini. Banyak sekali kami kirimkan ke luar kota setelah itu kami membagi fokus untuk menindak lanjuti per area. Terbentuklah Faceshield for Tangerang ini”, ujar Derian salah satu anggota Faceshield For Covid Tangerang.

“Ini merupakan salah satu kepedulian kami terhadap para perawat dan dokter yang bekerja keras di garis terdepan dalam melawan wabah virus ini. Kami akan  terus mencoba menyalurkan face shield ini ke rumah sakit di wilayah Kota Tangerang yang membutuhkan, namun karena terbatasnya jumlah relawan yang membuat faceshield ini maka kami belum sanggup untuk mengirimkan ke semua rumah sakit dalam jumlah banyak”, tutup Hardi Ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang.

Komentar via Facebook

Close