BeritaDaerah

Menimba Ilmu dan Pengalaman di LDK II PC HIKMAHBUDHI Banjarmasin

Oleh: Martino Ferry

Di akhir bulan Mei atau satu minggu setelah Hari Raya Tri Suci Waisak 2563 BE/2019, PC HIKMAHBUDHI Banjarmasin melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan II (LDK II) yang dilaksanakan pada tanggal 2526 Mei 2019 di Vihara Duta Prabha, Banjarmasin. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari LDK I yang sebelumnya dilaksanakan pada akhir bulan Januari 2019. Kegiatan LDK ini merupakan kegiatan kaderisasi yang wajib dilaksanakan oleh setiap cabang HIKMAHBUDHI di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Romo Sumpono Kangmartono (Pimpinan Vihara Duta Prabha dan tokoh agama Buddha Provinsi Kalimantan Selatan), Joko Budi Santosa (Bimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan), dan perwakilan dari PP HIKMAHBUDHI Eric Fernando (Kabid Humas). 

Pasang Iklan

Kegiatan ini diisi oleh tiga orang pemateri berkompeten yang berasal dari kalangan motivator, spiritual, entrepreneur, dan pemuda, yaitu Boby G.H. Kangmartono, Romo Aryananda Sahari, dan Eric Fernando. Kegiatan ini pula lebih ramai daripada kegiatan sebelumnya karena kegiatan ini ditambah dengan adanya games dan diskusi kelompok agar para peserta LDK II ini lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh pemateri dan juga membuat suasana menjadi lebih cair.

Kegiatan LDK II ini mengangkat tema “Membentuk Karakter 3B (Berekspresi, Bertindak, dan Berkontribusi) dalam Diri Generasi Milenial”. Tema tersebut mempunyai makna bagaimana seorang generasi milenial menghadapi berbagai persoalan, baik itu masalah internal maupun eksternal. Lalu, sebagai seorang generasi muda harus secara aktif mengekspresikan gagasan dan pemikiran, tentunya gagasan yang bersifat intelektual dan yang bisa membuat sebuah motivasi dalam tindakan nyata sehingga memberikan sebuah kontribusi yang tentunya bisa bermanfaat dan tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri tetapi juga dirasakan oleh masyarakat luas, bangsa, dan negara.

Bagaimana seorang generasi muda, sebagai generasi milenial untuk mengekspresikan gagasan, tindakan dan hasil pencapaian itu, yang pastinya harus membuka mata serta pandangan secara lebih luas dan kritis dalam menghadapi persoalan yang ada saat ini. Seperti halnya dalam isu-isu yang beredar saat ini, kita juga harus mampu menyaring kebenaran informasi yang ada. Kita saring dulu, sebelum kita sharing informasi tersebut. Sebagai anak bangsa dan juga penerus bangsa, generasi muda tentunya merupakan ujung tombak kemajuan bangsa ini. Di tengah-tengah kemajuan zaman sekarang ini kita harus memiliki karakter yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi cerdas secara sosial.

Semoga dengan adanya kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan II PC HIKMAHBUDHI Banjarmasin ini bisa melahirkan kader-kader yang berkualitas baik di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Appamadena  Sampadetha
Berjuanglah dengan sungguh-sungguh

 

Komentar via Facebook

Tags
Close

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
style="display:block"
data-ad-format="fluid"
data-ad-layout-key="-ib+c-1l-47+dr"
data-ad-client="ca-pub-3950220369927210"
data-ad-slot="4948202095"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>