ArtikelBeritaInternationalKabar Dhamma

Melihat Kondisi Negara Buddhis di Masa Pandemi COVID-19

Oleh: Agus Mulyono

Sudah 3 bulan setelah wabah penyakit menular yang disebut Covid-19 ini menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, dari seluruh Negara, dilansir hanya ada 8 Negara yang sampai saat ini tercatat tidak terkena wabah pandemi ini.

Seolah tak terbendung dan tak terkendali virus yang awalnya dikatakan bermula di Wuhan ini masih sulit untuk ditangani. Tak terkecuali dengan Negara-negara Buddhis, tercatat di worldometers.info, virus corona menjangkit Thailand cukup parah dengan 2.733 kasus dan 47 meninggal dunia. Berikut adalah kondisi paparan kasus penyebaran Covid-19 di negara-negara buddhis lainnya:

Pasang Iklan

Negara Buddhis Kasus Corona

Bhutan sendiri yang pada awalnya terbebas dari pandemi ini akhirnya memiliki kasus karena adanya 2 orang turis asal Inggris yang masuk dari India dan 2 orang mahasiswa yang kembali dari perkuliahannya di Inggris dan 1 orang siswa yang terpapar saat membantu di fasilitas karantina. Dua turis Inggris itu kemudian dinyatakan sembuh dan hingga saat ini masih menangani 3 pasien yang tersisa.

Thailand yang terkena dampak terparah diakibatkan karena kegiatan pariwisata disana sangat memungkinkan banyaknya turis dari luar yang membawa virus menular ini sehingga jumlah kasusnya pun sangat banyak. Namun, melihat jumlah orang yang meninggal dan yang tersembuhkan, tentu negara gajah putih ini, kita lihat mampu menghadapi pandemi ini dengan baik.

Tibet walaupun bukan sebuah Negara dan masih bagian dari China, hanya memiliki 1 kasus dan sudah tersembuhkan, bahkan walaupun hingga saat ini masih adanya konflik politik yang  dengan pemerintah China. Mereka memberikan bantuan 1 juta Yuan untuk Wuhan melalui Kumbum Monastery yang dilansir oleh International Campaign for Tibet dalam savetibet.org.

Sumber gambar utama: albawaba.com

Komentar via Facebook

Tags
Close