BeritaNasional

Komunitas Muda Buddhis Indonesia Mendukung Pemilu 2019 yang Jujur dan Adil

Oleh: Billy Halim

Memilih pemimpin merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk memajukan sebuah bangsa. Komunitas Muda Buddhis Indonesia sebagai salah satu komponen dari bangsa Indonesia, terpanggil untuk menyukseskan Pemilu Presiden-Wakil Presiden, Legislatif, dan DPD 2019, yang merupakan pesta demokrasi terbesar di negeri yang kita cintai ini. Pemilu inilah yang akan menentukan pemimpin-pemimpin bangsa untuk 5 tahun kedepan.

Komunitas Muda Buddhis Indonesia yang terdiri dari sejumlah organisasi Buddhis yaitu HIKMAHBUDHI, PATRIA, Sekber PMVBI, GEMABUDHI, Pemuda Tridharma Indonesia, Institut Nagarjuna, dan PERSADABUMI menyelenggarakan konferensi pers pada 15 April 2019 di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Konferensi pers tersebut diwakili oleh Ketua Umum HIKMAHBUDHI Ari Sutrisno, Ketua Umum DPP PATRIA Tedy Wijaya, Sekretaris Umum PP Sekber PMVBI Viria Chandra, Wasekjen GEMABUDHI Karsono, Ketua Umum Pemuda Tridharma Indonesia Andriana, Ketua Umum Institut Nagarjuna Isyanto, dan Ketua Umum PERSADABUMI Rachmat Harsono. 

Pasang Iklan

Komunitas Muda Buddhis Indonesia merasa wajib untuk turut andil dalam menentukan para pemimpin bangsa kedepan, dengan berpedoman pada Dasa Raja Dharma (Sepuluh Sifat Baik Pemimpin) yang telah diajarkan oleh Buddha Gautama. Dasa Raja Dharma tersebut yaitu seorang pemimpin harus memiliki sifat dermawan, bermoral, siap berkorban, berintegritas, bertanggungjawab, sederhana, tidak mudah marah atau membenci, jauh dari kekerasan, sabar, dan tidak mencari permusuhan.

Pernyataan sikap yang disampaikan oleh sejumlah organisasi Buddhis perihal pemilihan umum ini yaitu sebagai berikut.

  1. Mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 yang digelar secara jujur dan adil, dalam proses yang damai.
  2. Mengajak dan mendorong seluruh warga Negara Indonesia khususnya generasi muda yang telah mempunyai hak pilih untuk berpartisipasi aktif pada pemilu 2019 dengan menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab.
  3. Meminta semua pihak untuk menerima dan menghormati proses dan hasil pemilu yang telah disiapkan dan diselenggarakan dengan baik dan konstitusional.
  4. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus menjaga keutuhan NKRI karena merupakan aset yang tak ternilai dibandingkan dengan perbedaan dukungan dan pilihan selama Pemilu.

Itulah pernyataan sikap yang disampaikan oleh Komunitas Muda Buddhis Indonesia sebagai bentuk dukungan terhadap suksesnya pesta demokrasi ini. Semoga proses dan hasil Pemilu 2019 menghasilkan pemimpin serta para wakil wakil rakyat yang baik dan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia.

Komentar via Facebook

Close