ArtikelBeritaNasional

Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) Lakukan Aksi Sosial Serempak di Seluruh Nusantara

Oleh: Agus Mulyono

Jika dilihat, umat Buddha di Indonesia memang menjadi salah satu kaum terkecil di Indonesia. Dari sensus penduduk 2010, bahkan dikatakan umat Buddha tak ada 1% dari jumlah penduduk Indonesia, miris jika melihat sejarah dahulu Nusantara adalah bagian sejarah besar dari perkembangan agama Buddha, namun kini hampir hanya tinggal sejarah.

Namun, walaupun sebagai kamu minoritas yang bahkan dapat dianggap akan hilang dari Indonesia, umat Buddha tak pernah merasa kecil dan hanya berdiam diri sebagai bagian dari bangsa ini.  Hal ini terlihat pada masa sulit pandemi seperti sekarang. Mungkin banyak orang akan berpikir umat Buddha akan sembunyi dan berdiam di rumah atau bahkan sebagian dianggap pencari kesempatan meraup keuntungan.

Pasang Iklan

 

Akan tetapi, hal itu bisa ditempis dengan terlihatnya banyaknya aksi sosial yang dilakukan umat Buddha dalam membantu bangsa ini melewati masa pandemi Covid-19.

Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) yang sangat menjunjung ajaran Buddha yang diturunkan dari Bhikkhu Indonesia pertama YM Ashin Jinnarakkhita, melakukan aksi sosial serempak di seluruh Nusantara dari Aceh hingga Papua. Bersama-sama Majelis Buddhayana Indonesia (MBI), Wanita Buddhayana Indonesia (WBI), Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia (SIDDHI), Muda-mudi Buddhayana Indonesia (Sekber PMVBI) bergerak melakukan pembagian APD, Masker, Nasi Bungkus, dan Sembako kepada mereka yang membutuhkan.

Ibu-ibu di perkampungan bahkan tak mau diam dengan menjahit ratusan masker untuk dibagikan secara gratis dengan bantuan dana dari para donatur yang hingga Selasa (2/5/2020), dana terkumpul lebih dari 1 Milyar untuk di Posko Nasional, belum lagi yang tak terhitung di daerah-daerah.

Berikut kami rilis catatan yang disampaikan oleh Tim Posko Pusat Aksi Sosial KBI terkait aksi sosial yang mereka lakukan.

Amin Untario, Ketua Umum Majelis Buddhayana Indonesia menyampaikan, “KBI telah membentuk Posko KBI Peduli Dampak Covid-19 di 24 provinsi di Indonesia, sebagai upaya kami untuk membantu dan mendukung pemerintah dalam mengatasi situasi sulit dan tidak biasa akibat pandemi Covid-19. Berbagai kegiatan kemanusiaan telah dilakukan, mulai dari melakukan pembagian nasi bungkus, sembako, masker kain, penyemprotan disinfektan, hand sanitizer, tempat cuci tangan dan tak lupa edukasi kepada masyarakat sesuai dengan arahan pemerintah tentang protokol kesehatan. Kami juga melakukan kolaborasi dengan Garudafood dan telah menyalurkan bantuan produk snack Garudafood di 6 provinsi yakni Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat, kepada masyarakat ekonomi lemah yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini. Kita harus tetap semangat, terus berdoa, mawas diri, bergotong-royong, saling membantu sesama, dan terus menerus tanpa henti menebar kebaikan, yakinlah kita bangsa yang besar, kita dapat menghadapi ini dan ini pun akan berlalu.”

Hal ini menunjukan seberapa besar sebenarnya umat Buddha mencintai dan bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia, sehingga tentu besar harapannya tak ada lagi anggapan kecil bahwa umat Buddha hanya menumpang hidup dan tak memberikan sumbangsih apa-apa kepada bangsa ini.

Berikut ini adalah aksi sosial yang dilakukan oleh KBI di berbagai provinsi di Indonesia.

[googlepdf url=”https://majalah-hikmahbudhi.com/wp-content/uploads/2020/05/Artikel-Aksi-Sosial-KBI.pdf” download=”Download” width=”100%” height=”600″]
Komentar via Facebook

Tags
Close