BeritaNasional

HIKMAHBUDHI Mengikuti Aksi ‘Climate Strike’ di Jakarta

Oleh: Jesslyn Metta

Perwakilan PP HIKMAHBUDHI, PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur, dan PC HIKMAHBUDHI Jakarta Barat mengikuti aksi ‘Jeda untuk Iklim/Climate Strike’ yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 pemuda serta pemerhati lingkungan dan organisasi pecinta lingkungan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta pada Jumat lalu (20/09/2019).

Climate strike merupakan aksi global yang digagas oleh Greta Thunberg, seorang aktivis iklim berusia 16 tahun asal Swedia yang aktif menyuarakan isu perubahan iklim kepada pemerintah dengan melakukan unjuk rasa setiap hari Jumat di depan Gedung Parlemen Swedia. Aksi ini menginspirasi jutaan anak muda lainnya di berbagai negara untuk turut ambil bagian dalam menyuarakan aspirasi dan kekhawatirannya akan masa depan.

Pasang Iklan

“Isu iklim merupakan masalah serius yang harus kita tanggapi sesegera mungkin karena dampaknya di masa depan akan sangat krusial bagi keberlangsungan hidup makhluk-makhluk di bumi”, ujar Chintya Tandri, Ketua PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur.

Perubahan iklim/climate change adalah fenomena yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Kebakaran hutan akibat musim kemarau berkepanjangan kemudian diikuti dengan musim hujan ekstrim yang menyebabkan banjir tidak berkesudahan.

“Berdasarkan riset oleh PBB, kita hanya punya waktu 11 tahun lagi untuk mencegah kerusakan iklim yang permanen. Maka dari itu, setiap orang memiliki kewajiban untuk menjadi agen perubahan agar kita terhindar dari kepunahan massal”, ujar Ketua PC HIKMAHBUDHI Jakarta Barat, Jullvan.

Lebih lanjut lagi, Ketua Bidang Divisi Penelitian dan Pengembangan Presidium Pusat HIKMAHBUDHI, Jesslyn Metta menyerukan pentingnya para pemangku jabatan, perusahaan, dan tokoh agama untuk turut mendukung aksi ini melalui hal yang lebih konkrit.

“Karena sekarang ini mereka-lah yang punya kuasa untuk mengubah masa depan negeri ini”, pungkasnya.

 

Komentar via Facebook

Tags
Close