BeritaDaerahNasional

HIKMAHBUDHI Berharap Melalui Kekayaan SDA, Persatuan dan Kedaulatan Indonesia Tercapai

Oleh: PP HIKMAHBUDHI

Diskusi Publik yang diadakan oleh PC HIKMAHBUDHI Samarinda menghadirkan pembicara seperti Didik Sasono Setyadi, SH, MH (Kepala Divisi Formalitas SKK MIGAS) dan Bebin Adi Darma (Sekretaris Jenderal PP HIKMAHBUDHI). Diskusi ini mengangkat tema “Kekayaan Alam Minyak dan Bumi Untuk Mempersatukan Negeri” berlangsung di Aula Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu lalu (29/09/2019).

Mengawali pembicaraannya, Didik Sasono Setyadi menyampaikan bahwa Indonesia sebenarnya bukan negara yang kaya minyak dan gas.

Pasang Iklan

“Indonesia bukan negara yang kaya minyak dan gas. Ini perlu diketahui dan disampaikan kepada masyarakat. Hanya sekitar 1% produksi minyak dan 1,8% produksi gas dari total produksi global. Jumlah yang sangat kecil jika dibandingkan dengan negara-negara seperti Venezuela, Arab Saudi, dan lainnya”, paparnya.

Ia juga menyampaikan bahwa konsumsi minyak dan gas sudah melebihi produksi nasional sehingga perlu dilakukan upaya-upaya untuk melakukan eksplorasi mencari sumber minyak dan gas baru serta energi alternatif baru sebagai pengganti minyak dan gas di masa depan apabila cadangan minyak dan gas habis.

“Kita juga harus berpikir untuk menghadapi bonus demografi, di mana terjadi ledakan penduduk yang luar biasa. Tentu semuanya membutuhkan energi minyak dan gas bumi. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya eksplorasi mencari cadangan minyak baru untuk menghindari impor”, lanjutnya.

Sementara itu, Bebin Adi Darma, Sekretaris Jenderal PP HIKMAHBUDHI menyatakan bahwa kita harus mendukung upaya-upaya pemerintah dalam memaksimalkan penggunaan energi demi kesejahteraan masyarakat sesuai amanat UUD 1945 Pasal 33.

“Kita harus terus mendorong pemerintah dalam memaksimalkan penggunaan energi demi kesejahteraan masyarakat”, imbuhnya.

“Kekayaan sumber daya alam harus dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Ketika amanat UUD ini bisa dilaksanakan, maka harapan mencapai kedaulatan dan persatuan nasional lewat kekayaan alam akan tercapai”, tutup Bebin.

Komentar via Facebook

Tags
Close