BeritaDaerah

Hari Waisak Sebagai Momentum Mengenang Jasa Pahlawan Indonesia

Oleh: Lokapala Adi Guna

Hari Raya Waisak memperingati tiga peristiwa agung yang terjadi di saat bulan purnama, yaitu lahirnya Bodhisattva Siddharta di Taman Lumbini, pangeran Siddharta mencapai penerangan sempurna menjadi Sammāsambuddha di Bodh Gaya, dan mangkatnya Buddha di Kusinara. Dalam menyambut Hari Waisak tersebut, banyak kegiatan positif yang dilakukan oleh umat Buddha di Indonesia, salah satunya kegiatan yang dilakukan oleh Bimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada Minggu pagi (27/05), mereka mengadakan kegiatan tabur bunga di Makam Pahlawan Majeluk, Mataram, Nusa Tenggara Barat.  Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Waisak 2018 di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan tabur bunga ini dimaksudkan untuk mengingat dan mengenang jasa para pahlawan Indonesia, khususnya yang berasal dari NTB.

Pasang Iklan

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen umat Buddha di NTB. Sebelum memulai proses tabur bunga, umat Buddha yang berkesempatan mengikuti kegiatan ini memberikan penghormatan kepada para pahlawan dan dilanjutkan dengan bersih-bersih area taman makam pahlawan. Seluruh umat Buddha yang mengikuti kegiatan ini begitu antusias. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan doa, dan diakhiri dengan tabur bunga secara bersamaan. Kegiatan ini diharapkan memberikan edukasi kepada umat Buddha untuk  menumbuhkan kecintaan akan tanah air dan menghargai jasa para pahlawan Indonesia tanpa melihat perbedaan suku, ras, dan agama.

Komentar via Facebook

Close