BeritaDaerah

Hardi Resmi Dilantik Sebagai Ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang Periode 2019-2021

Oleh: Rendy Arifin

Minggu (17/03/2019) bertempat di Aula Al-Amanah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang mengadakan Sidang Pelantikan IV dengan agenda utama, yaitu pelantikan ketua terpilih Hardi beserta dengan jajarannya. Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat daerah, diantaranya Triroso (Pembimas Buddha Provinsi Banten), Deni Koswara (Kepala Kesbangpol Kota Tangerang), Iptu Ruri Hadi (Kanit Kamsa Satbinmas Polres), dan Capt. Inf. Jaja Suarja (Pasiter Kodim 05/06 Tangerang). Selain itu juga dihadiri oleh Bhikkhu Gunaseno, Bhikkhu Ratanajayo, Ketua Umum PP HIKMAHBUDHI, Ketua PC HIKMAHBUDHI Serang, Cipayung Plus Kota Tangerang, GP Ansor Tangerang, tokoh lintas agama, senior HIKMAHBUDHI, majelis-majelis agama Buddha, utusan vihara-cetiya serta berbagai sekolah dan kampus di Tangerang. Pada kesempatan ini, Brigpol Vijja Vardhana menyampaikan orasi ilmiah kepada ratusan orang yang hadir.

 

Pasang Iklan

Terpilihnya Hardi sebagai Ketua

Sidang Musyawarah IV PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang dilaksanakan pada 1 bulan yang lalu, tepatnya tanggal 17 Februari 2019 bertempat di Vihara Dharma Budhi Bhakti (Butong), Tangerang. Sidang Musyawarah merupakan agenda tertinggi cabang yang tujuannya untuk mendengarkan dan menilai laporan pertanggungjawaban ketua selama bertugas satu periode dan memilih ketua baru untuk memimpin periode berikutnya. Dalam Sidang Musyawarah tersebut, terdapat tiga calon yang maju dalam perebutan kursi tertinggi PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang. Hardi terpilih dengan suara terbanyak mengungguli dua calon lainnya.

Inspirasi Vijja kepada Generasi Muda Buddhis

“… rasa malu berbuat jahat dan takut akan akibatnya. Gemar menjalankan Dhamma dan kebajikan dengan ucapan yang terpuji bagaikan hidup di alam yang bahagia,” ucap Vijja mengawali orasi ilmiahnya.

Anggota Kepolisian RI ini menceritakan perjuangan hidupnya sebelum menjadi polisi hingga mendapatkan posisi seperti ini. Pria lulusan Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) ini juga mengatakan bahwa seorang pemuda Buddhis harus memiliki cita-cita yang besar. Ia menceritakan bagaimana Sidhartha Gotama terlahir di dunia ini dan berjalan tujuh langkah. Tidak hanya itu, setelah berjalan tujuh langkah, Sidhartha Gotama mengucapkan cita-cita yang besar dan luhur. Akulah pemimpin dunia ini. Yang tertua di dunia ini. Yang terkemuka di dunia ini. Ini adalah kelahiran terakhir bagiku. Tidak akan ada lagi kelahiran selanjutnya bagiku.

“… ingin menjadi walikota kah, ingin menjadi kapolres kah, ingin menjadi dandim kah, kapolda kah, dan posisi-posisi penting lainnya di dalam organisasi dan lembaga kenegaraan, harus memiliki pandangan yang besar, pendengarannya juga harus besar. Begitu pun ucapan kalian juga harus besar”, paparnya.

Ia pun menceritakan bahwa ketika pelantikannya, ia merupakan siswa terbaik ketujuh dari 700 orang, dan ia adalah satu-satunya yang beragama Buddha.

“Saya harapkan adik-adikku di sini memiliki cita-cita yang luhur untuk memajukan agama Buddha dan  kebersamaan di lingkungan masyarakat. Jangan ragu-ragu untuk terjun dalam komunitas dan negara”, tutupnya.

Pelantikan Ketua dan Pengurus Baru

Pelantikan dan pembacaan SK ketua terpilih dibacakan langsung oleh Ari Sutrisno, Ketua Umum PP HIKMAHBUDHI. Ia berharap agar kepengurusan yang baru dapat melanjutkan serta meningkatkan program-program kaderisasi dari HIKMAHBUDHI. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK kepengurusan baru yang dibaca langsung oleh Hardi selaku Ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang periode 2019-2021. Seusai pelantikan, bhikkhu Sangha membacakan paritta pemberkahan untuk seluruh jajaran pengurus baru.

“Sesuai dengan tema yang diambil, maka mahasiswa Buddhis harus mengenal jati dirinya untuk tetap berada dalam jalur dharma sehingga mampu mengaplikasikannya ke dalam Dharma kontekstual yang nyata di masyarakat, bergerak terus walau dengan kecepatan rendah namun tak pernah berhenti melangkah”, tutup Hardi.

 

Komentar via Facebook

Close

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
style="display:block"
data-ad-format="fluid"
data-ad-layout-key="-ib+c-1l-47+dr"
data-ad-client="ca-pub-3950220369927210"
data-ad-slot="4948202095"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>