BeritaDaerah

Donor Darah di Tengah Pandemi Corona

Oleh: Rendy Arifin

Di tengah pandemi Corona, stok darah semakin berkurang bahkan tergolong langka, padahal banyak sekali orang yang membutuhkan darah setiap harinya. Pengurus Vihara Sad Saddha bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang mengadakan kegiatan donor darah pada Minggu siang (17/05/2020) bertempat di Dhammasala Vihara Sad Saddha, Tangerang.

Foto Rendy Arifin

Kegiatan donor darah berlangsung dengan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu, penggunaan masker, penyediaan hand sanitizer, dan menjaga jarak (physical distancing). Para pendonor pun mendapatkan masker, hand sanitizer, sabun, dan makanan dari PMI.

Pasang Iklan

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu penyediaan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Total 47 orang pendaftar tapi hanya 42 orang yang bisa diambil darahnya. Sisanya tidak masuk dalam persyaratan pendonor seperti tensi darah yang tidak normal.

“Selain membantu penyediaan stok PMI, kami juga bertujuan untuk mencari pendonor pemula atau orang yang baru pertama kali melakukan donor darah. Harapannya, orang yang mendonorkan darah semakin banyak ke depannya”, ungkap Iyan Setiawan selaku koordinator kegiatan.

Kegiatan donor darah ini rutin dilakukan sekitar tiga bulan sekali dengan berpusat di tiga titik vihara, yaitu Vihara Sad Saddha, Vihara Dhammaloka, dan Vihara Araya Dhamma.

Komentar via Facebook

Tags
Close