BeritaDaerah

Deklarasi Gerakan Banten Bisa bersama Bawaslu dan OKP se-Kota Tangerang

Oleh: Hermanto

Bawaslu Kota Tangerang menggelar Deklarasi Gerakan Banten Bisa bersama OKP se-Kota Tangerang demi mewujudkan Pemilu 2019 yang damai dan berintegritas. Deklarasi yang mengambil tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” itu dihadiri Ali Faisal (Anggota Bawaslu Provinsi Banten), M. Agus Muslim (Ketua Bawaslu Kota Tangerang), Ibnu Jandi (Direktur Lembaga Kebijakan Publik), OKP-OKP seperti HIKMAHBUDHI, HMI, KAMMI, IMM, PMII dan GMNI, serta seluruh tamu undangan lainnya dari berbagai kampus di Kota Tangerang pada Jumat siang (15/03) di Gedung KNPI Kota Tangerang.

M. Agus Muslim dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa Sosialisasi dan Deklarasi ini dilaksanakan agar peraturan perundang-undangan mengenai pemilu secara menyeluruh dapat diketahui oleh masyarakat luas, mewujudkan pemilu yang demokratis, menegakkan integritas serta kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan dan akuntabilitas hasil pemilu.

Pasang Iklan

“Kita hadir di sini untuk mewujudkan cita-cita luhur pendiri bangsa dan memastikan terselenggaranya pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan berkualitas”, ungkapnya.

Ibnu Jandi dan Ali Faisal menyajikan sosialisasi secara interaktif saat acara berlangsung, peserta saling berkomunikasi dengan pemapar materi mengenai kasus-kasus aktual yang terjadi dikalangan masyarakat seperti bagaimana peran yang akan diambil oleh mahasiswa saat melihat tindakan pelanggaran pemilu berupa money politic, kampanye di rumah ibadah, ujaran kebencian dalam masa kampanye, dan penyebaran berita bohong yang ada di media sosial. Sebagai kaum intelektualitas mahasiswa diharuskan berperan aktif untuk melaporkan langsung tindak pelanggaran di atas kepada bawaslu dan jajarannya yang ada di daerah mereka masing-masing.

“Kita sebagai mahasiswa mempunyai tugas untuk ikut serta dalam penyelenggaraan pemilu termasuk menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara dan mengawasi jalannya pemilu agar tercapainya proses demokrasi yang ideal”, ujar Hardi, Ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang.

Acara yang diikuti lebih kurang 100 peserta ini pun diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi “Gerakan Banten Bisa: Stop Politik Uang, Ujaran Kebencian dan Hoax” oleh Ketua Bawaslu Kota Tangerang dan OKP Pemuda se-Kota Tangerang.

 

Komentar via Facebook

Close

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
style="display:block"
data-ad-format="fluid"
data-ad-layout-key="-ib+c-1l-47+dr"
data-ad-client="ca-pub-3950220369927210"
data-ad-slot="4948202095"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>