BeritaDaerah

Cipayung Plus Medan Berharap Pemko dan DPRD Jangan Cuci Tangan Hadapi COVID-19

Oleh: Nikko

Dari hasil diskusi kajian kritis Cipayung plus kota Medan (IMM, HMI, GMKI, HIMMAH, GMNI, PMKRI, KAMMI dan HIKMAHBUDHI) via Zoom (Kamis, 16/04/2020), Ilham Fauji Munthe (Ketua HIMMAH Medan) menyampaikan kepada awak media bahwa kegiatan diskusi online ini bermula atas kegelisahan aktivis Kota Medan yang semakin hari semakin menyengsarakan masyarakat akibat mewabahnya virus Corona.

Pemerintah menghimbau masyarakat agar berdiam diri di rumah, namun pemerintah tidak memberikan kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat selama berdiam diri di rumah. Seharusnya pemerintah memikirkan hal itu juga, masyarakat mau makan apa jika berdiam diri saja di rumah.

Pasang Iklan

Berdasarkan wawancara di lapangan yang dilakukan kawan-kawan Cipayung, masyarakat banyak yang mengeluhkan dampak COVID-19 ini, semua serba sulit, untuk menghidupi kehidupan keluarga, pendapatan menurun drastis, masyarakat meminta kepada pemerintah agar memberikan kepastian kapan persoalan virus Corona ini berakhir.

Cipayung Plus Medan

Menurut kami, pemerintah harus merespon keinginan masyarakat. Jika tidak, kami khawatir masyarakat akan mengamuk akibat kelaparan dan kesulitan dalam mendapatkan kebutuhan pokok sehari hari. Bisa jadi jika pemerintah lamban memberi kepastian, besar kemungkinan masyarakat akan menghiraukan himbauan-himbauan pemerintah dan terjadilah huru-hara penjarahan di beberapa tempat. Tentunya ini semua tidak kita harapkan.

Jangan sampai mengulang kejadian krisis moneter 1998 terjadinya penjarahan dimana-mana akibat nilai tukar rupiah yang anjlok. Harga-harga bahan pokok meroket tajam, harga obat naik, jutaan orang terancam PHK, apalagi ribuan narapidana mendapatkan asimilasi pembebasan oleh pemerintah.

Sedangkan Nikko (Ketua HIKMAHBUDHI Medan) mendorong peran para anggota DPRD Kota Medan dalam penanganan COVID-19 ini. Salah satu yang bisa dilakukan yakni mendorong optimalisasi dan mengawasi agar alokasi anggaran penanganan virus Corona tepat sasaran. Dengan begitu, tidak terjadi penyelewengan anggaran di sana.

Komentar via Facebook

Tags
Close