BeritaDaerah

Antara Pajak, Kita dan Indonesia

Oleh: Sigit Budi Santoso

Sabtu, 8 Februari 2020 bertempat di Aula Lt.3 Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Dharma Widya, Tangerang, Forum Pemuda Buddha (FORMABUDHI) Banten bekerjasama dengan Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Tangerang menggelar kegiatan seminar bertajuk “Accounting Party, Kewirausahaan 4.0”

“Accounting Party, Kewirausahaan 4.0” tersebut memiliki beberapa sub tema, pertama “Penerapan Basic Accounting untuk Penyusunan Laporan Keuangan yang Accountable bagi Forum Pemuda Buddha (FORMABUDHI) Banten”. Para pembicara merupakan orang yang ahli dalam bidangnya antara lain M. Zulman Hakim, S.E., M.M., M.Ak. , Arry Eksandy, S.E., M.Akt. , Eko Sudarmanto, S.E., M.M. dan Dewi Rachmania, S.E., M.Ak. Para peserta diharapkan dapat mengetahui basic akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan yang accountable.

Pasang Iklan

Sub Tema kedua ialah “Antara Pajak, Kita dan Indonesia”. Para pembicara merupakan orang yang mumpuni dalam bidangnya yaitu Sigit Budi Santoso, S.E., M.Akt. , Daniel Rahandri S.E., M.Si. , Hesty Erviani Zulaeeha, S.E., M.Ak , Triana Zuhrotum Aulia, S.E., M.Ak.

Kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.” (Pasal 1 angka 1 Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan,dimana diharapkan para peserta dapat  tergugah pula kepatuhan sukarela, kesadaran pajak , kejujuran wajib pajak , hasrat membayar pajak , disiplin pajak, moral dan etika wajib pajak, dan kemauan melakukan kepatuhan secara sukarela dalam sistem perpajakan sebagai asumsi dasar dalam keberhasilan Self Assessment System).

Tidak hanya membahas seputar akuntansi dalam seminar tersebut, tetapi para peserta didorong untuk menjadi entreprenuer/pengusaha. Sub Tema ketiga ialah “Entreprenuer Sahabat Bagi Generasi Milineal” dengan pembicara Dr. Ismayudin Yuliyzar, S.E., M.M , Asriah Immawati, S.E., M.M., dan Mulaydi, SP., M.M. yang merupakan pembicara yang mumpuni dalam bidangnya.

Dalam menutup acara, Ketua Umum Forum Pemuda Buddha (FORMABUDHI) Banten, Priski Setiawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pembicara dan peserta yang telah hadir.

“Terima kasih kepada pembicara yang telah menyampaikan ilmu pengetahuan serta edukasi yang sangat bermanfaat khususnya untuk Pemuda Buddha Banten dan Indonesia pada umumnya. Semoga Pemuda Buddha dapat menjadi Wirausaha dan dapat menyusun laporan keuangan yang accountable, serta wajib membayar pajak guna kemakmuran rakyat. Maju Pemuda Buddhanya, Maju Indonesianya”, tutupnya.


Penulis: Sigit Budi Santoso, S.E., M.Akt.
Dokumentasi: Kominfo FORMABUDHI Banten
Komentar via Facebook

Close