BeritaDaerah

Aksi Sosial Pemuda Vihara Giri Santi Loka di Dukuh Guwo

Oleh: Suferi

Pemuda Vihara Giri Santi Loka melakukan kegiatan bertajuk kepedulian pada sesama dengan memberikan bantuan berupa beras dan mie instan yang ditujukan kepada janda, duda, dan orang yang sudah tua di Dukuh Guwo, Jepara pada Minggu siang (26/04/2020). Total warga yang mendapatkan bantuan sembako ini berjumlah 80 orang, yang terdiri dari janda/duda sebanyak 54 orang dan orang tua yang kurang mampu maupun yang fisiknya tidak lagi bugar sebanyak 26 orang. Untuk janda/duda mendapatkan bantuan berupa beras 10 kg dan mie instan sebanyak 5 bungkus, sedangkan untuk orang tua seperti yang disebutkan di atas mendapatkan 5 kg beras dan mie instan sebanyak 5 bungkus.

Dasar pelaksanaan bakti sosial

Pasang Iklan

Kegiatan Bakti Sosial ini merupakan salah satu wujud kepedulian para pemuda Vihara Giri Santi Loka kepada masyarakat Dukuh Guwo yang bertujuan untuk membantu dan meringankan beban mereka di tengah kondisi yang sedang menimpa Indonesia saat ini. Kondisi sosial hingga mata pencaharian mereka terhambat karena pandemi ini. Melihat kondisi tersebut, pemuda Vihara Giri Santi Loka melakukan sinergi dengan donatur dan menggalang dana. Penggalangan dana tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar 6,7 juta rupiah yang diantaranya berasal dari para pemuda rantau Vihara Giri Santi Loka. Gotong royong menjadi dasar lancarnya kegiatan tersebut, mempersiapkan semuanya dengan rapi, mulai dari pembelian sembako, pengemasan, hingga pendataan masyarakat yang akan menerima bantuan.

Saat ini bersatu demi mewujudkan keharmonisan untuk menolong sesama lebih unggul dan patut diutamakan, bukan seberapa besar bantuan yang diberikan, melainkan uluran tangan dan kepekaan, berempati kepada mereka yang membutuhkan, hal itu lebih mulia.

Pelaksanaan di lapangan

Waktu tepat menunjukkan pukul 14.00 WIB. Para pemuda Vihara Giri Santi Loka berkumpul di rumah salah satu donatur dan membagi tugas. Pembagian sembako tersebut dilakukan dengan cara mengangkutnya menggunakan sepeda motor dan mengantarkannya dari rumah ke rumah. Total kurang lebih lima motor yang digunakan untuk kegiatan bakti sosial kali ini. Hanya satu motor saja yang diisi oleh dua orang untuk mempermudah pembagian sembako. Selebihnya, masing-masing motor digunakan untuk mengangkut 3 karung beras dan 3 kantong plastik yang berisi 5 bungkus mie instan.


Semoga kegiatan bakti sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Tentunya kegiatan bakti sosial ini dapat dilakukan secara continue, selain pembagian sembako, bisa juga berupa kegiatan sosial lainnya. Hal tersebut memerlukan sinergi dari berbagai pihak, seperti donatur, pemuda, hingga perangkat desa untuk saling membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Semoga dengan bakti sosial ini dapat membawa kebahagian bagi semuannya.

 

Penulis: Suferi
- Pemuda Vihara Giri Santi Loka
- Mahasiswa STABN Sriwijaya
Komentar via Facebook

Tags
Close