Opini

5 Cara Agar Ia Merasa Dicintai

Oleh: Terra Samiddha Liu

Kasih sayang tidak hanya diungkapkan lewat kata-kata dan pemberian materi semata tetapi juga dengan tindakan nyata, karena tindakan nyata jauh lebih penting dan berkesan di dalam hati mereka.

Dr. Gary Chapman,  seorang Psikolog dan penulis buku best-seller New York Times menulis sebuah buku “The 5 Love Languanges” berisi 5 cara bagaimana kita bisa mengungkapkan kasih sayang kepada orang lain secara efektif.

Pasang Iklan

Berikut 5 bahasa cinta yang bisa kita bahas pada kesempatan ini:

  1. Memberi Pujian

Pujian adalah bentuk kasih sayang. Contohnya adalah anak yang sering dipuji oleh orangtuanya akan memiliki tingkat percaya diri yang lebih baik daripada anak yang sering dimarahi dan dihina, ia cenderung akan menjadi anak yang penakut,  pemarah dan minder. Hindari penggunaan kata-kata negatif kepada orang-orang yang kita kasihi, seperti kata bodoh, tidak berguna, pemalas. Sebaliknya akan menjadi baik apabila diubah menjadi kata-kata positif yang produktif, seperti kamu bisa, kamu hebat, kamu pintar, dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut juga diiringi dengan kebijaksanaan kita dalam memberikan pujian. Intinya adalah memberikan apresiasi ketika ia melakukan sesuatu yang baik.

 

  1. Meluangkan Waktu Berkualitas

Meluangkan waktu bersama orang-orang tercinta juga merupakan bentuk kasih sayang. Anak yang dekat dan sering menghabiskan waktu dengan keluarganya akan tumbuh menjadi anak yang penyayang dan hangat. Sebaliknya, anak yang kurang bertemu orangtuanya akan menjadi anak yang kurang perhatian.

Zaman sekarang ini banyak orangtua yang mencari uang siang-malam demi anaknya tapi tidak ada waktu untuk merawat anak. Padahal yang dibutuhkan anak bukan hanya uang untuk biaya hidup tapi waktu bersama orangtuanya.

Ini pun berlaku untuk pasangan yang berkeluarga maupun masih berpacaran. Apakah Anda rutin meluangkan waktu khusus berdua ?

 

  1. Sentuhan

Sentuhan dapat berupa pelukan, belaian, bergandengan tangan, high five, dan seterusnya. Bahasa kasih ini adalah yang pertama dirasakan anak sejak mereka lahir dan akan berangsur-angsur berkurang sesuai pertambahan usia. Lambat laun anak akan merasa malu bila dipeluk atau dicium oleh orangtua mereka. Bahasa kasih sentuhan sangat penting hingga anak berusia kurang lebih 7 tahun. Anak kecil sangat memerlukan sentuhan dari figur ayah dan ibu dalam pertumbuhan mereka.

 

  1. Memberikan Pelayanan

Pelayanan berarti melakukan sesuatu untuk orang yang kita sayangi. Anak yang dilayani dengan baik akan menjadi pribadi yang suka menolong dan melakulan hal baik bagi orang lain. Namun melayani anak perlu dilakukan dengan bijak. Anak perlu juga dilatih untuk mandiri bila dirasa usia mereka sudah mampu.

 

  1. Hadiah

Memberi hadiah juga adalah bentuk kasih sayang. Hadiah tidak harus mahal. Anak yang mendapat hadiah karena berkata jujur, berprestasi atau telah berbuat baik akan merasa bangga pada dirinya sehingga hal tersebut akan memacu semangatnya menjadi lebih baik.

 

Itulah 5 hal yang membuat orang-orang terdekat kita seperti anak, pasangan, dan orangtua merasa dicintai. Karena seringkali kita hanya fokus melakukan hal yang kita pikir diinginkan oleh mereka,  padahal tidak.

So,  setelah mengetahui tentang 5 hal ini mulailah belajar untuk tidak sekedar “MENCINTAI MEREKA” tapi buatlah mereka ” MERASA DICINTAI “.

 

Komentar via Facebook

Tags
Close